Dedicated Hosting Server

           Dedicated Hosting adalah jenis layanan hosting yang berbentuk seperti virtualisasi server, dimana memungkinkan pelanggan untuk menyewa bagian server lebih banyak bahkan seluruh server penuh bisa ditempati oleh website pelanggan tersebut. Sehingga, resource yang didapat tentu akan lebih banyak daripada jika hanya menggunakan shared hosting. Sebenarnya, layanan dedicated hosting sama seperti VPS, hanya saja saat menggunakan VPS pelanggan harus me-manage server virtualnya sendiri, maka dari itu harganya lebih murah. Sedangkan, pada dedicated hosting, pelanggan sudah tidak direpotkan lagi dengan urusan manage server virtualnya, karena manage server virtualnya sudah dilakukan oleh provider hosting.
Bisa dikatakan, dedicated hosting ini merupakan layanan hosting premium, dimana pelanggan hanya tinggal fokus dengan bisnisnya, karena untuk urusan manage server virtual.
          Dedicated Server adalah sebuah server fisik (komputer dengan spesifikasi dan konfigurasi tertentu) yang mampu menjalankan proses komputasi dari aplikasi berat dan beban yang sangat tinggi. Dedicated Server merupakan solusi dari shared hosting ataupun VPS yang tidak mampu menjalankan aplikasi berat dengan proses komputasi yang kompleks ini.Dedicated Server biasanya digunaAkan oleh perusahaan-perusahaan bersekala menengah keatas dimana perusahaan tersebut memiliki system informasi yang membutuhkan keamanan ekstra. Mereka lebih memilih Dedicated Server dari pada shared hosting atauVPS dikarenakan Dedicated Server dinilai lebih powerfull

                Kelebihan Dedicated Server Hosting :
1. Akses Penuh : Dedicated server memberikan kebebasan kepada penyewa untuk memiliki hak akses yang dimiliki 100% menariknya lagi adalah Dedicated Server juga akan memudahkan dan membebaskan penggunanya untuk melakukan konfigurasi berdasarkan bentuk spesifikasi yang dibutuhkan.
2. Aman : Apabila terjadi kerusakan pada server, anda tidak bertanggung jawab pada kerusakan tersebut. Sehingga sangat aman bagi anda untuk mengoperasikan Dedicated Server tersebut. 
3. Efektif, Bisa menggunakan remote : Penyewa bisa mengontrol server menggunakan remote saja. Anda tidak perlu melakukan pengawasan pada fisik server secara langsung sehingga tidak akan merepotkan atau membebani anda selama mengelola website. 
4. Tidak Terganggu Aktifitas Lain : Ketika anda menggunakan Dedicated Server, anda tidak perlu merasa terganggu dengan klien yang lain. Mengapa seperti itu? Sebab hosting dengan jenis Dedicated Server hanya digunakan oleh 1 orang pengguna saja. Jadi, tidak mengganggu kinerja website apabila sewaktu-waktu jumlah pengunjungnya meningkat hosting ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengelola banyak domain pada satu server yang dimiliki. Dimana manajemen website juga akan semakin maksimal karena anda lah yang mempunyai kontrol dan kuasa penuh terhadap server tersebut. 

             Kekurangan Dedicated Server  :
1. Harganya Mahal : Kekurangan yang dimiliki oleh hosting dengan tipe Dedicated Server adalah biaya yang dibutuhkan melakukan masuk ke dalam kategori mahal. Semakin tinggi spesifikasi server yang diinginkan maka semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan. 
2. Skill yang Advanced : Penyewa harus memahami kinerja dan control server. Hal tersebut sangat penting agar anda bisa mengelola Dedicated Server dengan maksimal. Apalagi, anda cukup banyak pengaturan di berbagai aplikasi yang harus dilakukan. Sehingga anda benar-benar mempelajari pengelolaan data menggunakan Dedicated Server sebelum menyewanya. 

Prosedur Memilih Dedicated Server :
a. Aspek Harga (price) : Harga menjadi salah satu faktor penting yang selalu menjadi aspek pertimbangan dengan tanpa mengesampingkan kualitas. 
b. Aspek Spesifikasi Server : Beberapa penyedia layanan Dedicated Hosting telah mengaplikasikan teknologi Cloud VPS parallel untuk server yang digunakan dalam melakukan kustomisasi modul server menggunakan dukungan cpanel. 
c. Aspek Kapasitas Memori : Memory yang mendukung website mampu memberikan performa terbaik ketika memilih layanan Dedicated Hosting untuk website. 
d. Aspek / Faktor Keamanan : Mempertimbangkan keamanan data website yang disediakan oleh provider menjadi suatu keharusan dalam memilih Dedicated Hosting.
e. Aspek Dukungan Teknis : Pada dasarnya, pengguna Dedicated Hosting adalah pada user yang memiliki website kelas premium, sehingga cocok untuk mendapatkan prioritas pelayanan. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konvigurasi Jaringan Nirkabel : Bridge Dan Repeater Modul

Jaringan Nirkabel: Antena Nirkabel dan Media Transmisi

Step by step Installasi Remote Desktop Service / Terminal Server Windows Server 2012 ( Bagian 3 – RDS Installation )